Sunday, 27 March 2016

Lagu Anak di Radio


(Gambar: www.pxleyes.com)


Dibandingkan dulu, saat ini saya tak begitu sering mendegarkan radio. Saat-saat dimana saya sering banget dengerin radio itu waktu SMP. Pulang sekolah langsung putar radio, dengerin sampai larut malam. Kalau saat ini sih,  dengerinya tidak sesering waktu SMP.

Mulai beberapa bulan yang lalu, saya memulai kembali untuk mendegarkan radio, dan hari minggu adalah hari wajib untuk dengerin radio.

Sore ini saya mendengarkan radio, tepatnya Radio Pro Satu RRI Malang. Ketika program berita selesai, maka dilanjutkan dengan sebuah program yang tak pernah saya duga sebelumnya yakni program lagu anak-anak. Jujur saya kaget, tapi sekaligus senang karena ada radio yang "peduli" terhadap anak-anak. Program lagu anak-anak ini dimulai pukul 16:30 WIB hingga pukul 17:00 WIB (selama 30 menit).

Sekali lagi, saya sangat senang karena masih ada stasiun radio yang "mau" memberikan waktu untuk program anak-anak dalam hal ini lagu anak-anak. Sepengetahuan saya, tidak banyak stasiun radio yang memiliki program pada anak,

Bagi saya pribadi, program pemutaran lagu anak di radio ini jauh lebih baik daripada acara pencarian bakat penyanyi anak-anak di TV. Kenapa? karena acara pencarian bakat penyanyi anak-anak itu yang dicari anak-anak yang punya bakat dan kemauan untuk menyanyi, yang terkadang ketika berkompetisi mereka (anak-anak) tersebut menyanyikan lagu yang sebenarnya ditujukan kepada orang dewasa. Acara tersebut juga biasanya hanya beberapa bulan saja, setelah itu menghilang. Si pemenang pun bisa-bisa ikut menghilang.

Saya berharap semakin banyak orang-orang mau "peduli" pada anak-anak. Kalau seorang musisi ya mbok buat lagu anak-anak. Kalau radio, ya mbok memberikan sebuah program untuk anak-anak seperti pemutaran lagu anak-anak. Kalau TV ya mbok memberikan tayang yang layak untuk ditonton anak-anak. Dsb.

     menthok-menthok tak kandani
     mung lakumu angsin isini
     mbok ya aja ngethok ana kandang ae
     enak-enak ngorok ora nyambut gawe
     menthok, methok mung lakumu
     megal megol gawe guyu
Ada yang tahu ini lirik dari lagu apa?

8 comments:

  1. Semenjak maraknya pemutar musik portabel, jadi jarang banget nyetel radio. jaman SMA tiap pulang sekolah, selalu yang pertama dipegang itu ya radio, disetel haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Gan, waktu itu radio bagi saya hiburan satu-satunya.

      Delete
  2. wah bagus ini sudah jarang radio yg muter lagu anak2, siplah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga Radio lain juga ngikutin.

      Delete
  3. Wah keren hahaha :)) Salam kenal ya, ditunggu postingannya sama ditunggu juga kehadirannya di blog ane ehehehe.

    -jevonlevin.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp, Thx sudah mampir.
      Siap Gan!

      Delete
  4. Zaman sekarang sudah jarang yang putar radio.. Lebih banyak yg ke mp3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sih, malah mungkin genersi sekarang ngak tau yang namanya radio.

      Delete